Cara membuat lagu

Keberhasilan seorang musisi itu bukan hanya pada saat ia terkenal, tampil dimana-mana membawakan lagu kebanggaannya. Melainkan saat ia mampu merancang atau membuat lagu yang diingat oleh semua orang. Dari sekian banyak musisi, gitarislah yang paling sering menciptakan lagu.

Nah, buat kamu para gitaris pemula bisa mulai mengasah keterampilanmu membuat lagu. Namun membuat lagu juga perlu strategi, bukan hanya sekedar beli gitar kemudian menyusun lirik-lirik bagai puisi karena kamu juga mesti mempertimbangkan soal nada serta irama.
Berikut ini saya berikan cara atau kiat membuat lagu yang sederhana dan mudah dipraktikan:

a.      Pembuatan judul

Hal pertama yang harus diselesaikan saat membuat lagu adalah menyusun judul yang tepat. Nah judul ini mesti merepresentasikan keseluruhan lirik. Tidak harus mengambil kata-kata didalam lirik, yang jelas punya makna yang sama atau setidaknya tidak melenceng dari tema yang akan diangkat.

Beberapa musisi sebenarnya ada yang memberikan judul lagu tidak sesuai dengan isisnya atau melenceng jauh. Namun, karena isinya yang begitu bagus dan menyentuh maka judul pun tak lagi dipermasalahkan. Tapi buat kamu pemula sebaiknya buat judul sebaik mungkin, karena belum tentu isi lagu yang diciptakan tergolong bagus

b.      Susun struktur lagu

Setelah membuat judul dan menentukan lirik, langkah selanjutnya adalah membuat struktur lagu. Struktur lagu adalah penunjuk arah bagi para pendengar, menjaga mereka agar tetap mendengarkan lagu dari awal hingga akhir. Struktur lagu yang biasa digunakan adalah VERSE / CHORUS / VERSE / CHORUS / BRIDGE / CHORUS.

Struktur lagu yang baik adalah struktur yang bisa mempertahankan keingintahuan pendengar. Sementara struktur lagu yang telah disebutkan tadi sangat efektif digunakan karena memberikan pengulangan yang membuat pendengar mampu mengingat lagu-lagumu. Struktur lagu itu juga memberikan kesempatan bagi para pencipta lagu untuk menambah dinamika sehingga bisa menimbulkan kesan lebih emosional.

Itulah langkah-langkah membuat lagu yang baik dan benar dengan menggunakan gitar. Silahkan dipraktikan dan segera perdengarkan lagumu kepada pendengar.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

0 Response to "Cara membuat lagu"

Posting Komentar

wdcfawqafwef