Tips Membeli Kain Batik Tulis Asli Indonesia

Ingin membeli kain batik? Boleh jadi ini adalah hal yang membingungkan bagi kamu yang tidak terlalu fasih dalam hal perbatikan, sebab jika kita berkunjung ke gerai batik kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan bahan, jenis dan corak. Jika kamu ingin kain batik dengan kualitas paling bagus tentu kamu harus memilih batik tulis. Kamu harus ekstra jeli dan teliti dalam menentukan pilihan.

Tips Membeli Kain Batik Tulis Asli Indonesia



Ketika kamu memutuskan ingin membeli batik misalnya seperti batik khas pekalongan, akan menjadi tugas berat bagi kamu yang awam dikarenakan memang ada beberapa karakter batik dengan banyak model dan design. Yang menjamin kualitas batik itu bagus tidak melulu soal harga yang menjadi ukuran, mahalnya harga batik juga tidak menjadikannya pasti bahwa batik yang kita beli adalah benar-benar batik tulis. Bukan bermaksud menanamkan kecurigaan kepada pembaca sekalian namun agar kamu benar-benar mendapat batik kualitas terbaik kamu patut waspada dalam berbelanja batik. Mungkin saja kamu bisa terkecoh  ketika melihat batik yang “halus”, menurut dugaanmu adalah batik tulis tapi nyatanya bukan.

Dari segi teknik atau proses pengerjaan, ada 5 jenis kain batik yang beredar dipasaran, yaitu batik tulis, , batik cap, batik kombinasi (kombinasi batik cap dan batik tulis), batik printing dan batik cabut (kombinasi batik printing dan batik tulis). Cara paling sederhana untuk mengetahui lebih jelas, apakah sehelai kain batik itu termasuk jenis batik tulis atau bukan bisa kamu perhatikan beberapa poin dibawah ini:

Tips yang bisa menjadi panduan saat memilih batik. 
1. Jenis kain batik apa yang kamu inginkan dan design batik yang seperti apa yang kamu mau (primis, paris, sutra dll). 

2. Kalau kita lihat dari proses pembuatan Kain Batik ada Batik Tulis dan Batik Print. Batik tulis mempunyai motif yang mirip atau sama persis baik dibagian dalam maupun luar pakaian. Sementara, Batik print Design Batik hanya terang dibagian luarnya namun pada bagian dalam pakaian agak pudar.

Batik tulis yang asli umumnya mempunyai aroma khas, karena kain batik indonesia ini diwarnai dengan kulit-kulit kayu, seperti kayu tinggi (sebagai pewarna hitam)  kayu teger (sebagai pewarna kuning), kayu jambal (warna coklat), daun tom dan akarnya (untuk warna biru) teknik ini dikenal dengan istilah “disoga”.

Mori yang digunakan umumnya lebih berat jika dibandingkan mori untuk jenis batik lainnya.
Biasanya batik itu semakin halus jika terdapat motif yang lebih kecil dan lebih rumit.

3. Untuk kategori Model Batik itu sendiri, bahan yang paling bagus dipakai umumnya alat tenun bukan mesin (ATBM), biasanya bahan dasar yang ia pakai adalah sutera jadi tak heran bila harganya paling mahal dikelasnya

4. Untuk perawatan, Batik berbahan premium seperti sutera harus di dryclean supaya lebih awet dan serat kainnya dapat terjaga.

5. Sedangkan batik biasa, untuk pencuciannya tanpa sabun cukup direndam saja. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga warnanya agar tidak memudar dalam waktu singkat. 

6. Beli batik asli Indonesia digerai terpercaya.

1 Response to "Tips Membeli Kain Batik Tulis Asli Indonesia"

  1. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

    BalasHapus

wdcfawqafwef