Interval Dalam Musik

Tahukan anda bahwa tangga nada terbentuk dari susunan nada-nada yang terpusat pada satu nada dasar? Ya dalam sebuah tangga nada terdapat bagian-bagian yang lebih kecil lagi yang dapat menyusun tangga anda. Bagian-bagian kecil tersebut berfungsi untuk membentuk melodi dan harmoni. Jika anda mampu memahami ini makan anda akan lebih mudah mengertoi perihal emosi yang bisa diciptakan untuk memengaruhi pendengar.



Bentuk-bentuk kecil itu sering juga disebut sebahar jarak dan lebih dikenal sebagai interbal. Jika dua buah nada dimainkan secara bersamaan kita mengenalnya dengan harmonic interval. Sementara ketika dua buah nada dimainkan kemudian disusul dengan nada lain istilahnya kita kenal dengan nada melodic interval. Setiap interbal mempunya kualitas dan efek suasana tersendiri yang diwakili dengan not-not yang berbeda.

Interval sendiri dibagi menjadi dua yakni perfect dan imperfect. Interfal perfect berdiri sendiri artinya tidak memiliki versi lain. Yang termasuk kedalam jenis ini adalah jarak dari 1 ke 1 yaitu unison, jarak dari 1-4 yaitu perfect 4th, jarak 1-5 yakni perfect 5th dan jarak dari 1 ke 1’ yakni octave. Sedangkan Interval perfect terbagi lagi kedalam dua versi yakni mayor dan minor.

Untuk mayor bisa anda temukan pada not-not yang ada pada tangga nada mayor, sebaliknya untuk minor bisa anda lihat dengan cata menurunkan ½ langkah (1 ferat) dari not-not yang ada pada tangga nada mayor. Mempelajari interval memang cukup rumit dan biasanya pianist lah yang paling rajin mempelajari ini. Tak heran kendati mereka hanya bermain solo namun tetap bisa membawa suasana penonton. Beli piano dan lakukanlah hal yang sama, ketika anda bisa menyihir penonton itu artinya anda sudah menjadi musisi yang mengagumkan.

0 Response to "Interval Dalam Musik"

Posting Komentar

wdcfawqafwef