Perbedaan Keyboard dan Piano Digital

Bagi anda yang ingin belajar alat musik piano namun memiliki dana terbatas, pastinya akan kesulitan untuk membeli piano akustik terutama jika anda sedang sekolah musik. Memang, piano akustik merupakan salah satu alat musik akustik yang harganya relative mahal dibanding dengan alat musik akustik lainnya.

Akan tetapi berkat adanya teknologi, kini anda tetap bisa memainkan “piano” pada perangkat digital yang umumnya disebut sebagai keyboard atau piano digital. Namun sebenarnya ada perbedaan mendasar antara piano digital dan keyboard terutama pada fungsi dan tuts kuncinya. Berikut ini penjelasannya untuk memudahkan anda dalam sekolah musik piano.

Keyboard
Keyboard merupakan papan digital dimana didesain serupa dengan tuts piano asli. Keyboard bisa dimainkan layaknya piano asli. Urutan tuts kunci sama persis dengan piano akustik. Namun tuts piano pada keyboard lebih ringan tidak seberat piano asli. Alhasil keyboard tidak memberikan sensasi memiankan piano akustik yang asli. Disamping itu keyboard memiliki fungsi lain. Keyboard merupakan synthesizer yang mampu menghasilkan suara secara digital. Selain dapat menghasilkan suara seperti piano, keyboard dapat di setting untuk dapat bersuara seperti alat musik lainnya seperti alat musik gesek, tiup, petik, hingga suara alat musik perkusi. Keyboard terbaru dapat diintegrasikan dengan system audio digital MIDI. Keyboard memiliki fungsi yang lebih beragam seperti untuk pengiring lagu, mengedit audio digital di computer, hingga membuat rangkaian style MIDI. Oleh karena itu, keyboard biasanya digunakan untuk kebutuhan pembuatan lagu, pentas musik, dan sejenisnya.

Piano Digital
Berbeda dengan keyboard, piano digital memang didesain seperti piano akustik. Jumlah tuts pada piano digital pasti sama persis dengan piano akustik yaitu 88 tuts nada. Piano digital juga menggunakan tuts kunci dari kayu padat sehingga sensasi memainkan piano digital akan sama dengan piano akustik. Tuts akan terasa sama berat layaknya tuts pada piano akustik. Akan tetapi, sumber suara dari piano digital tetap dari sumber digital. Meskipun tidak asli akustik, suara yang dihasilkan tetap bening seperti piano akustik. Yamaha memnproduksi piano digital yang sensasi tutsnya benar-benar persis seperti paino akustik. Dengan teknologi canggih, Yamaha juga berhasil menanamkan suara pada setiap tust piano digital layaknya seperti piano akustik. Namun piano digital terbilang lebih terjangkau dari pada piano akustik. Oleh karena itu piano digital Yamaha cocok sebagai alternative pilihan belajar piano di sekolah musik.

0 Response to "Perbedaan Keyboard dan Piano Digital"

Posting Komentar

wdcfawqafwef